Senin, 09 Januari 2017

Ayo Indonesia Gemar Makan Ikan!

Indonesia terdiri atas lautan yang luas dan mendapat gelar sebagai negara maritim. Dan ini lah kelebiahn kita,Indonesia. Lau dengan kelebihan ini apa yang akan kita sebagai masyarakat Indonesia dapatkan? Laut memberikan begitu banyak manfaat, bukan hanya sebagai wisata dengan pemandangan yang indah dan menyegarkan hati. Melaikan kekayaan hewan yang ada di lautan Indonesia sugguh luar biasa. Bagaimana tidak setidaknya separuh ragam jenis ikan dan trumbuk karang yang ada di dunia,ada di Indonesia! Woww....
Dan fakta ini kenyataanya memberikan banyak maafat bagi kita. Ikan adalah salah satu sumber makanan yang akan memberikan banyak manfaat. Tapi hal suber daya alam yang luar biasa ini tidak memberikan banyak manfaat terutama dalam bidang gizi masyarakat Indonesia. Mengapa?
Meskipun kita memiliki banyak jenis ikan laut yang sangat lezat meski hanya diolah secara sederhana. Membuang rasa amis dan alergi menjadi alasan yang sering melatarbelakangi alasan enggan makan ikan. Padahal,dengan gemar makan ikan akan memberikan banyak manfaat. Dan salah satu alasan lainya ialah paradigma yang terlanjur menempel kuat dalam alam bawah sadar masyarakat Indonesia. Yakni opini bahwa lauk pauk yang berasal dari hewan mamalia seperti sapi dan sebagainya diangga memiliki gizi yang lebih banyak. Juga harga bahan lauk pauk ini menjadi suggest yang kuat. Dimana seperti yang kita tahu, daging sapi jauh lebih mahal dari ikan. Tapi benarkah harga begitu? Sudah banyak hasil penelitian yang membuktikan ikan laut jauh lebih memberikan banyak manfaat. Tapi memang menghapus paradigma ini membutuhkan kerja keras tak terkecuali kita masyarakat Indonesia!

Dampak baik lainnya ialah, kualitas hidup nelayan kita yang akan menjadi lebih baik. Karena secara tidak langsung kita membeli hasil dari kerja keras mereka dan memberikan keuntingan secara ekonomi. Tentu saja dampaknya akan seperti domino,dimana dari satu gerakan dapat menyelasikan bidang lainnya.
Jadi,ayo Indonesia Gemar Makan Ikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar